Kepanikan Warga Terjadi . Di Sekitar Dieng

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Kecamatan Batur, Banjarnegara mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang. PVMBG menegaskan, hanya kawah Sileri yang tidak boleh dikunjungi tapi untuk kawah lainnya masih diperbolehkan.

“Diimbau kepada masyarakat tetap tenang meningkatkan kewaspadaan, di Dieng hanya wilayah Sileri yang sampai sekarang tidak boleh dikunjungi termasuk kawah sikidang dan kawah-kawah yang lain aman untuk dikunjungi,”kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Surip, Minggu (2/7/2017).

Menurut dia, sejak jauh-jauh hari pihaknya sudah merekomendasikan jarak aman 100 meter dan kejadian semburan lumpur di kawah Sileri tidak diawali dengan gempa-gempa vulkanik. Namun pada tanggal 24 Mei hingga saat ini alat pemantau suhu yang dipasang di kawah Sileri menunjukkan kenakan volume yang belum turun.

“Pertama 30 April ada semburan lumpur 20 meter, pelepasan gas pada 24 Mei, terjadi letusan semuanya tidak diawali gempa-gempa, tapi suhu kawah agak naik,” ujarnya.

“Sebetulnya panas, karena suhu di tengah itu 73 derajat terukur di alat kita. Pas kena wisatawan sebetulnya panas, tapi karena dia sudah lepas ke udara maka jatuhnya akan dingin,” jelasnya.

Kita tidak bisa prediksi, kita tergantung alat, potensi letusan-letusan seperti itu akan masih terus berlanjut, tapi kita tidak tahu kapan akan terjadi lagi,” ucapnya.

Ke depan, pihaknya berharap agar di kawasan kawah Sileri dapat dipasangkan CCTV serta alat sensor gas dan suhu.

Dia mengatakan belum ada peningkatan status ke level waspada tapi masih sebatas rekomendasi jarak aman atau menjauh dari area tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s