KPK KEMBALI PERIKSA HERLINA DALAM KASUS KETERANGAN PALSU MIRYAM

KPK KEMBALI PERIKSA HERLINA DALAM KASUS KETERANGAN PALSU MIRYAM

Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil satu saksi untuk tersangka memberikan keterangan palsu dalam sidang dugaan korupsi proyek e-KTP, Miryam S Haryani. Herlina Atmadja direncanakan menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Miryam.

Sebelumnya, Herlina merupakan pihak swasta ini pernah dijadwalkan pemeriksaan penyidik KPK, Jumat 26 Mei 2017 bersama Dwina Michaella, putri dari ketua DPR Setya Novanto. Namun Dwina dipastikan tidak hadir dalam pemeriksaan hari itu.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah membenarkan pemeriksaan Herlina untuk Miryam, namun dia tidak menjelaskan secara rinci. “Iya Herlina dijadwalkan diperiksa. Untuk jelasnya belum bisa diinformasikan,” kata Febri.

Diketahui, politikus Hanura menjadi tersangka sejak 5 April atas memberikan keterangan palsu saat menjadi saksi di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat dengan terdakwa Irman dan Sugiharto. Miryam mencabut seluruh keterangannya di berita acara pemeriksaan (BAP). Dia juga sempat dikonfrontir tiga penyidik KPK.

Tidak terima menjadi tersangka, melalui kuasa hukumnya Miryam ajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Upaya tersebut gagal setelah Hakim Asiadi menolak gugatan Miryam.

Putusan ini direspons positif KPK. Komisi antirasuah itu menegaskan pihaknya berwenang menetapkan seseorang sebagai tersangka pemberian keterangan palsu.

Miryam pun hingga kini masih menjalani penahanan di Rutan Klas I Jakarta Timur cabang KPK. Mantan anggota Komisi II DPR itu disangkakan telah melanggar Pasal 22 Jo Pasal 35 undang-undang nomor 31 tahun 1999, sebagaimana telah diubah undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s