TEROR BOM KAMPUNG MELAYU DAN EKSISTENSI ISIS

Teror bom masih terjadi di Indonesia. Pada Rabu 24 Mei lalu, bom meledak di sekitar Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur. Rabu malam yang lalu (24 Mei 2017),

“Aksi teror ini diduga kuat dilakukan oleh kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan kelompok ISIS,” kata Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi Budi Gunawan dalam keterangan tertulis, Minggu (28/5/2017).

Hasil identifikasi, kata Budi, pelaku bom bunuh diri adalah Ahmad Sukri dan Ichwan Nurul Salam alias Iwan Cibangkong yang sebelumnya sudah dideteksi bagian dari kelompok JAD Islamiyah wilayah Bandung.

Dia mengatakan, teror bom di Kampung Melayu bagian dari strategi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) untuk menunjukkan eksistensinya setelah mendapatkan tekanan di Suriah.

Dalam waktu yang bersamaan, kata dia, ISIS juga melakukan aksi di berbagai lokasi, mulai dari serangan di Manchester, Inggris, kemudian Marawi, Filipina Selatan, dan setelah itu Kampung Melayu, Indonesia.

Menurut dia, hal ini menunjukkan ISIS telah membangun jaringan secara global dan selama ini membentuk sel-sel jaringan di berbagai negara yang siap untuk dikomando melakukan serangan di berbagai tempat yang mereka targetkan.

“Kondisi ini semakin menguatkan gambaran ancaman terorisme bukan hanya merupakan permasalahan suatu negara atau kawasan, tapi merupakan ancaman global,” tandas mantan Wakapolri ini.

Dia mengatakan, secara regulasi penyelesaian revisi Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme yang sedang dibahas di DPR sudah tidak dapat ditunda lagi.

Budi berharap UU tersebut nantinya dapat memberikan kewenangan kepada aparat penegak hukum melakukan tindakan terhadap perbuatan-perbuatan awal yang mengarah kepada tindak pidana terorisme, seperti latihan bernuansa militer, penyebaran paham radikal, bergabung dengan ISIS atau organisasi teroris lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s