Presiden Filipina Rodrigo Duterte Peringatkan 50 Ribu Orang Akan Tewas dalam Perang Narkoba

Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali melontarkan komentar kontroversial. Duterte mengaku ingin memenggal orang-orang yang menentang perang narkoba yang dikobarkannya.

Tidak hanya itu, Duterte juga memperingatkan akan ada 50 ribu orang lainnya yang mungkin tewas dalam pemberantasan melawan narkoba di Filipina. Dia bersikeras tidak akan terintimidasi oleh berbagai kritikan terhadap perang narkoba yang dicetuskan dan digaungkannya.

Berbagai kelompok HAM menyebut perang narkoba ala Duterte itu mengarah pada kejahatan kemanusiaan. Yang terbaru, Duterte menolak bantuan Uni Eropa setelah blok 28 negara itu mengkritik habis-habisan perang narkoba Duterte dan menyebutnya sebagai pelanggaran HAM.

“Jangan percaya orang-orang (pengkritik) HAM itu, jika Anda percaya, saya akan memenggal kepala Anda,” ucap Duterte dalam pidato peresmian jembatan di Filipina bagian selatan, seperti dilansir AFP.

Duterte menyebut, para aktivis HAM menyebut 10 ribu orang tewas dalam perang narkoba yang digelar sejak Duterte menjabat pada pertengahan tahun 2016. Dia memperingatkan, akan ada lebih banyak kematian dalam perjalanannya membasmi narkoba di Filipina.

“Jadikan itu 50 ribu (orang yang tewas). Saya akan mengakhiri mereka. Dan bahkan jika saya masuk neraka, saya bisa membusuk di penjara. Saya tidak keberatan. Saya sudah tua,” ujar presiden berusia 72 tahun ini.

Komentar keras Duterte ini disampaikan setelah juru bicaranya menyatakan Filipina akan menolak bantuan Uni Eropa, yang dianggap telah mencampuri urusan dalam negeri Filipina. Uni Eropa merupakan sumber bantuan kemanusiaan terbesar ke-8 di Filipina, dengan total bantuan mencapai US$ 217 juta (Rp 2,9 triliun) untuk tahun lalu.

“Presiden telah menyetujui rekomendasi Departemen Keuangan untuk tidak menerima bantuan dana… dari Uni Eropa yang mengizinkannya untuk mencampuri kebijakan internal Filipina,” jelas juru bicara kepresidenan Filipina, Ernesto Abella, kepada wartawan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s