Nenek Ini Menceritakan Kisahnya, Saat Beliau Menyelamatkan Korban Perbudakan Seksual Tentara Jepang

Di masa penjajahan Jepang di Asia Tenggara di masa Perang Dunia, banyak remaja belasan tahun dijadikan budak seks oleh tentara dari Negeri Matahari Terbit itu.

Tak terkecuali remaja di Malaysia kala Jepang mengokupasi Negeri Jiran. Mereka kerap menyamar jadi pria agar tak dijadikan budak seks oleh tentara Jepang.

Namun, tidak bagi Yap Chwee Lan. Ia tetap menjadi perempuan dan justru menyelamatkan gadis-gadis remaja di Kampung Baru, Johor jadi cengkraman budak seks tentara Jepang.

“Tiap hari, sekitar tujuh hingga delapan remaja dari kawasan akan mendatangi rumahku karena merasa aman di situ. Mereka tahu, aku bisa fasih berbahasa Jepang,” kata Yap yang kini berusia 90 tahun.

“Tentara Jepang akan datang dan mengetuk pintu sambil bertanya ada gadis remaja atau tidak. Dan aku merespons, ‘kenapa Anda butuh perempuan? Anda butuh pembantu?’ Mereka sangat terkejut karena aku bisa berbahasa Jepang,”

Dia menyelamatkan para tetangganya di Kampung Baru Johor dengan mengidentifikasi mereka kepada tentara Jepang yang bersiap membunuh mereka karena dianggap berkhianat atau membantu musuh.

Saat remaja, Yap yang ditinggal ayahnya meninggal dunia di usia 7 tahun harus bekerja karena miskin.

Ia menikah di usia 15 tahun dan tinggal bersama suaminya Chiew Seng Leung di toko laundry mereka di Kedai Dobi Shanghai, Johor Baru. Dua hari setelah mereka menikah, Jepang mulai mengebom Singapura.

Pesawat tempur Jepang, yang berbasis di Johor, akan terbang melintasi ke Singapura dua kali sehari untuk mengebom negara tetangga. Saat Jepang menyerang Singapura, banyak orang berjalan ke Johor untuk mencari keselamatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s