Keputusan Oleh Tim Basarnas, Untuk Menghentikan Pencarian Korban Longosr

Pencarian korban bencana longsor di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur resmi dihentikan, Minggu (09/4/2017). Kendati hingga kini 24 korban yang diduga tertimbun masih belum ditemukan.

Koordinator Badan SAR Nasional (Basarnas) Asnawi Siswoyo mengatakan, penghentian pencarian korban ini, bukan tanpa sebab. Hal ini dilatarbelakangi oleh berbagai alasan dan kajian yang dilakukan Basarnas pasca longsor susulan terjadi.

“Yang pasti kenapa pencarian harus dihentikan karena sudah tidak ada zona aman bagi Tim SAR dan relawan untuk terus melakukan pencarian. Karena disepanjang sektor A hingga D merupakan zona berbahaya,” kata Asnawi, saat ditemui Okezone di lokasi longsor, Minggu (09/4/2017) petang.

Menurutnya, sepanjang aliran lumpur material longsor saat ini sudah berupa tanah bergerak. Dimana ketika ada titik-titik air, maka sangat berpotensi bergeser. Sehingga sangat membayakan Tim SAR maupun relawan yang melakukan pencarian.

Selain itu, Asnawi juga membantah jika longsor susulan yang terjadi menjelang istirahat siang tadi, karena kesalahan teknis dalam pencarian. Sebab, banyak pihak yang menyatakan jika pergerakan material longsor itu karena penyemprotan tanah menggunakan alkon di sektor A.

“Tidak ada kesalahan mekanisme. Sebenarnya persoalannya kompleks. Tanah bekas longsoran itu meruapakan tanah labil. Sehingga jika terkena genangan air atau getaran bisa jadi langsung menimbulkan longsoran baru atau pergerakan material longsor,” terangnya.

Menurut Asnawi, penyemprotan air pada material longsor di sektor A itu dilakukan karena medan yang cukup sulit dan konstur tanah sektor tersebut keras. Sehingga, untuk menemukan korban Tim SAR dan relawan melakukan penyemprota di titik-titik yang diduga terdapat korban.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s