MENTERI PERIKANAN SUSI PUDJIASTUTI IMBAU PEMBUDIDAYA MUTIARA TIDAK BUANG SAMPAH DI LAUT

MENTERI PERIKANAN SUSI PUDJIASTUTI IMBAU PEMBUDIDAYA MUTIARA TIDAK BUANG SAMPAH DI LAUT

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengimbau kepada pembudidaya rumput laut dan mutiara di Kecamatan Palabusa, Kota Baubau Sulawesi Tenggara. Untuk menjaga kebersihan laut. Hal itu akan meningkatkan kualitas dari mutiara-mutiara Indonesia.
Susi mengimbau hal itu pasca melihat banyaknya sampah di sekitar perairan yang menjadi lokasi budidaya rumput laut dan mutiara. “Tidak boleh buang sampah di laut, kualitas mutiara jadi jelek,” tegas Susi.
Dalam dialognya, para pembudidaya rumput laut dan mutiara di Palabusa menyampaikan keluh kesahnya kepada Susi, terutama terkait kesulitan yang dihadapi dalam menjalankan usaha budidaya.
Permasalahan yang diutarakan berhubungan dengan kualitas bibit rumput laut yang rendah, sulitnya akses pasar, harga jual yang rendah, hingga kurangnya armada kapal untuk menanam atau mengangkut hasil panen.
Hal senada juga dikeluhkan pembudidaya kerang mutiara, mereka menginginkan adanya tambahan armada kapal katinting di bawah 3 GT sebagai sarana penunjang.
Menanggapi keluhan tersebut, Susi mengimbau pembudidaya dan nelayan untuk membangun koperasi agar bantuan pemerintah dapat dipertanggungjawabkan dan tepat sasaran.
Susi Pudjiastuti memastikan agar nantinya setelah bantuan diberikan, koperasi dapat dijalankan dengan baik.
Koperasi juga harus betul-betul beranggotakan pembudidaya atau nelayan, pengurusnya dapat berasal dari anak muda setempat lulusan SMA, serta pejabat daerah sebagai pembinanya.
Terkait permasalahan harga dan akses pasar, Susi menyarankan agar ada kesepakatan harga yang baik antara pembudidaya rumput laut dan tengkulak.
Untuk mendongkrak harga, rumput laut bisa dijual sekaligus dalam jumlah besar dengan sistem lelang dan pemerintah akan membantu mendatangkan pembelinya dari luar kota.
Adapun untuk kebutuhan bibit rumput laut, KKP bersama Dinas Kelautan dan Perikanan setempat akan mendatangkan bibit berkualitas baik dari daerah lain, serta membangun pusat pembibitan rumput laut di Baubau.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s