KINI DANAU TOBA DILENGKAPI TOILET FASILITAS BINTANG LIMA

KINI DANAU TOBA DILENGKAPI TOILET FASILITAS BINTANG LIMA

Toilet di sekitar Danau Toba sudah mulai berubah wajah. Dilengkapi dengan material yang ditata rapi. toilet ini mencerminkan toilet sekelas bintang lima. Teknologinya menggunakan Panel Blue Energy yang hemat listrik.
Yang tak kalah penting adalah pengolahan sistem pembuangannya menggunakan biotank yang ramah lingkungan.Pemandangan air kran yang tidak mengalir, tisu berserakan.
Jejak kaki penuh tanah di lantai, hingga lampu yang tidak menyala, tidak akan dijumpai lagi di Danau Toba. Toilet sekelas bintang lima ini berisi washtafel modern. Urinoirnya setara dengan yang ada di bandara. Sementara klosetnya tak berbeda jauh dengan apa yang ada di hotel bintang lima.
Lantainya eksklusif, seluruhnya dilapisi ubin mozaik aneka warna. Hadirnya tiga toilet sekelas bintang lima di sekitar Danau Toba diharapkan mampu meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di level global.
Mengingat Indonesia selama ini masih dianggap lemah dari segi infrastruktur, kesehatan dan higienitas, dan kerahaman terhadap lingkungan. Selanjutnya tiga toilet di sekitar Danau Toba tersebut kemudian dihibahkan ke Pemkab.
Dari Pemkab pengelolaanya diserahkan kepada masyarakat sadar wisata dengan kontribusi PAD kepada kabupaten.Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam banyak kesempatan selalu mengakui, masalah besar yang kerap hadir di hampir semua destinasi wisata di Indonesia adalah ketersediaan toilet bersih.
Wisatawan kerap berkeluh kesah dengan toilet yang bau, kecil, apa adanya, dan tempat ibadah yang sempit. Bahkan di beberapa destinasi wisata di Indonesia masih ada yang belum dilengkapi toilet. Toilet akan menjadi perhatian serius di semua destinasi wisata di Indonesia.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s