KOTA TERAPUNG PERTAMA DIDUNIA KDICIPTAKAN UNTUK ANTISIPASI KIAMAT

KOTA TERAPUNG PERTAMA DIDUNIA KDICIPTAKAN UNTUK ANTISIPASI KIAMAT

Kenaikan permukaan air laut tersebut dipicu oleh melelehnya es di Kutub Utara dan kutub selatan akibat pemanasan Global.
Bagi negara-negara kepulauan naiknya permukaan air laut tak bisa di anggap remeh, Tidak hanya Indonesia. Negara-negara kepulauan di Pasifik pun keberadaanna terancam.
Terlebih dengan ukuran pulau yang relatif kecil di bandingkan Indonesia, untuk itu segala cara  dicari untuk mengantisifasi Kimat. dengan salah satu cara menghadapi ancaman tersebut yakni dengan konsep kota terapung.
Rencana untuk kota terapung pertama di dunia telah diresmikan oleh Seasteading Institute. Perusahaan yang berbasis di California ini telah menandatangi kesepakatan dengan pemerintah Polinesia Perancis untuk memulai pembangunannya di Pasifik dalam dua tahun.
Sebagai negara yang memiliki lebih dari 100 pulau kecil, Pemerintah Polinesia Perancis sangat antusias dengan proyek tersebut. Bagi mereka kota terapung merupakan cara yang inovatif untuk menangani perpindahan di masa depan.
Namun mereka menentukan dua tujuan proyek sebelum rencana dilanjutkan, yaitu kota terapung harus bermanfaat bagi perekonomian lokal dan ramah lingkungan. Jika terpenuhi, rancangan undang-undang akan disusun tahun depan dan konstruksi diharapkan dimulai pada tahun 2019.
Satu kota terapung nantinya dapat menampung 250-300 warga. Estimasi biaya untuk kota terapung sendiri diperkirakan menelan biaya sekitar US$ 167.000.000 atau sekitar Rp 2 triliun.
Sejauh ini, rancangan yang telah diciptakan arsitek dan desainer memperlihatkan bentuk kota yang menjanjikan. Satu kota nantinya terdiri dari beberapa bagian yang terbagi atas beberapa fasilitas, seperti pertanian, kesehatan, pembangkit listrik, dan lain-lain.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s