BARCELONA HARUS MENERIMA KEKALAHAN YANG PAHIT USAI TAKLUK DARI ALAVES

BARCELONA HARUS MENERIMA KEKALAHAN YANG PAHIT USAI TAKLUK DARI ALAVES

Barcelona takluk dari Alaves dengan skor 1-2, pada laga lanjutan La Liga 2016-2017, di Estadio Camp Nou, Sabtu (10/9/2016) atau Minggu (11/9/2016) dini hari WIB. Pelatih El Barca, Luis Enrique menyebut hal itu terjadi karena kesalahan dalam pola bertahan anak asuhnya.

Bermain di depan Barcelonistas, Barcelona sudah tertinggal pada menit ke-39 saat Deyverson sukses menaklukkan kiper anyar Los Azulgrana, Jasper Cillessen. Tuan rumah membuka harapan kala Jeremy Mathieu mencetak gol semenit usai rehat.

Sayang, variasi serangan Barcelona gagal menemui sasaran. Sebaliknya, Alaves justru mampu mencuri gol pada menit ke-64 melalui Ibai Gomez. Hasil 2-1 bagi keunggulan tim tamu bertahan hingga pertandingan usai.

Tak hanya Luis Enrique yang berkomentar miring, beberapa penggawa Barcelona juga mengeluarkan pendapat. Sebagian besar komentar tersebut menyiratkan perlunya perbaikan pada beberapa sistem bermain. Berikut komentar 4 penggawa Barcelona terkait hasil buruk yang menimpa timnya.

1. Denis Suarez

Ia bermain selama 60 menit sebelum keluar lapangan, dan digantikan Lionel Messi. Permainannya dianggap kurang berkembang, dan gagal mencatat statistik meyakinkan. Pemuda berusia 22 tahun tersebut gagal mengancam gawang lawan. Irisan dribel-nya juga tak maksimal.

“Bisa saja jeda internasional sangat berpengaruh, tapi kami tak ingin kondisi itu sebagai alibi. Kami harus secepatnya menemukan sesuatu yang salah, lalu melakukan evaluasi dan mengembalikan ke kondisi semula. Laga penting berikutnya, yakni kontra Celtic pada ajang Liga Champions, menjadi ujian apakah perubahan itu ada,”
2. Sergio Busquets

Busquets tampil sejak menit pertama, dan tak tergantikan hingga pertandingan selesai. Pelatih Barcelona, Luis Enrique Martinez, memilihnya sebagai penyandang ban kapten di lengan. Ia tampil seperti biasa, namun menurut Sport.es, performa gelandang timna Spanyol tersebut lebih banyak bertahan. Ia beberapa kali salah melakukan umpan.
“Banyak hal yang gagal kami manfaatkan. Partai kontra Alaves sangat ketat, dan seharusnya kami lebih pantas menang dibanding Alaves. Jeda internasional bukan alasan. Tentang Messi, Iniesta dan Suarez, saya pikir manajer sudah memikirkan banyak hal. Sekarang, kami ingin berkonsentrasi pada laga-laga berikutnya,”
3. Andrés Iniesta

Gelandang timnas Spanyol ini masuk ke lapangan menggantikan Arda Turan. Sayang, waktu yang diberikan tak memberinya banyak waktu guna membantu timnya menjebol jala Alaves. Ia melakukan sekali tembakan, tapi tak tepat menemui sasaran.

“Beberapa titik harus kami analisis bersama setelah pertandingan. Artinya, kami harus bekerja keras untuk mengembalikan ke performa terbaik setelah banyak pemain melakoni jeda internasional. Alaves melakukan tugasnya dengan baik, mereka bermain rapi dan tak memberi ruang bagi kami untuk berkreasi di area penalti,”
4. Jasper Cillessen

Kiper asal Belanda ini harus menerima pil pahit saat kebobolan dua gol pada laga pertamanya bersama Barcelona di depan Barcelonistas. Sepanjang 90 menit, penampilan eks Ajax Amsterdam ini terlihat belum maksimal. Menurut penilaian Sport.es, ia tak sanggup menahan gol pertama, namun seharusnya bisa menghalau gol kedua.

“Saya berpikir kami memulai pertandingan dengan tak begitu bagus. Kami terus mencoba sepanjang pertandingan, namun Alaves sangat bagus. Secara pribadi, saya merasa nyaman. Satu yang membuatku optimis, permainan Barcelona sama dengan Ajax dan timnas Belanda,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s