DULU TEMAN SEKARANG MEJADI MUSUH KISAH GUARDIOLA DAN MOURINHO

DULU TEMAN SEKARANG MEJADI MUSUH  KISAH GUARDIOLA DAN MOURINHO

Jose Mourinho dan Pep Guardiola dikenal sebagai musuh bebuyutan saat menjadi manajer, Mou di Real Madrid dan Pep di Barcelona. Namun jauh sebelum itu, keduanya merupakan sahabat karib. Mourinho dan Guardiola pernah mempunyai hubungan baik saat keduanya masih berada di Barcelona. Saat itu, Mourinho yang bertugas sebagai penerjemah bagi Bobby Robson dan kemudian asisten manajer dari Louis van Gaal, mempunyai peran penting untuk menyatukan visi tim.

Barcelona pernah terpecah menjadi dua blok, yaitu blok Catalunya dan blok pemain asing. Blok Catalunya dipimpin oleh Guardiola sementara blok pemain asing oleh Luis Figo. Mourinho mempunyai tugas krusial untuk menjadi penyambung agar kesatuan Blaugrana tetap terjaga.

“Ada orang yang lebih cerdas dari saya, yang berhasil menjual citra dirinya, dan citra tersebut sangat berbeda dari saya. Namun pada intinya, mereka berpikiran dengan cara yang sama dengan saya,” jelas Mourinho ketika ditanya pendapatnya mengenai Pep Guardiola.

Pada saat melatih Real Madrid, Mourinho memiliki foto besar yang dia pajang di dinding. Foto itu adalah momen di mana Mou mengacungkan telunjuk saat Inter Milan berhasil mengalahkan Barcelona pada semifinal Liga Champions tahun 2010. Mou merasa momen itu adalah alasan mengapa dia mendapatkan pekerjaan sebagai pelatih Real Madrid.

Namun, ada foto lain di mana Mourinho dan Guardiola saling berpelukan. Foto itu diambil pada tahun 1997 saat Barcelona masih diarsiteki oleh Sir Bobby Robson.

“Ya saya masih menyimpan foto itu. Kami dulu sangat dekat,” tuturJose Mourinho kepada stasiun TV Spanyol, Cadena Ser.

Mourinho dan Guardiola Sahabat Karib

Direktur Barcelona yang saat ini bekerja di Manchester City, Txiki Begiristain, pernah ditanya juru warta mengenai hubungan antara Guardiola dan Mourinho pada saat di Barcelona.

Dia menjelaskan bahwa Mourinho pernah mengikuti sesi wawancara untuk pekerjaan sebagai pelatih Barcelona pada tahun 2008. Kala itu, Mou merekomendasikan Guardiola sebagai asistennya jika mendapatkan pekerjaan itu. Sementara itu, Pep, yang juga ikut wawancara, memilih Mou sebagai pelatih baru Barca setelah Frank Rijkaard.

Kedekatan antara Mourinho dan Guardiola juga disampaikan oleh Bobby Robson. “Jose selalu tahu bahwa Pep adalah figur penting dalam klub,dan tentu saja Jose kemudian mendekatinya. Sepertinya mereka cukup dekat.”

Saat dilatih Robson, Pep Guardiola dan Jose Mourinho bahu membahu menjelaskan instruksi pelatih asal Inggris tersebut. Terkadang jika instruksi sulit dimengerti, mereka akan menjelaskan kepada pemain mengenai taktik yang digambar Robson di papan tulis.

Kini, Jose Mourinho dan Pep Guardiola kembali berhadapan. Namun, kali ini pada ajang Premier League. Mourinho, yang menjabat sebagai manajer MU, dan Pep Guardiola, manajer Manchester City, akan melakoni laga bertajuk Manchester derby di Old Trafford

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s